Jan 062011
 

KH. Mahrus Amin, lahir pada 14 Februari 1940 di Kalimukti, Cirebon, Mahrus Amin muda mulai mengenal pendidikan pondok pesantren dengan menjadi santri Pondok Modern Gontor pada 1953.

Selepas menyelesaikan tingkat Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah di Gontor pada 1961,Mahrus mengajar Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Athfal di Petukangan, Jakarta Selatan (saat itu masih wilayah Tangerang). Tahun itu juga ia dipercaya memimpin madrasah tersebut yang berganti nama menjadi Balai Pendidikan Darunnajah Petukangan.

Kepiawaiannya memimpin lembaga pendidikan menarik minat K.H. Abul Manaf Mukhayyar yang memberinya restu merintis Pondok Pesantren Darunnajah di Ulujami. Setelah melalui berbagai kendala, pesantren berdiri pada 1 April 1974 di atas tanah wakaf seluas 5 hektar. Bersama KH. Abdul Manaf dan H. Kamaruzzaman, ketiganya mengembangkan Pondok Pesantren Darunnajah hingga memiliki puluhan pesantren cabang dan binaan yang tersebar diseluruh Indonesia. Saat ini beliau masih menjadi Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Selain aktif di dunia pesantren, K.H. Mahrus Amin juga bergiat dalam aktivitas dakwah dengan menjadi pengurus MUI DKI Jakarta, Yayasan Annajah, Badan Koordinasi Mubaligh Indonesia (Bakomubin) dan lain-lain. (sumber:buku dakwah melalui pondok pesantren:2008)

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>